Sabtu, 02 Juni 2012

JUALAN ONLINE Belum Closing, TANYA KENAPA?

JUALAN ONLINE Belum Closing, TANYA KENAPA?

Menjual produk (barang dan jasa) secara online atau lebih familiar disebut e-commerce dalam dunia internet marketing, telah berevolusi dan berubah menjadi primadona saat ini. Hal ini tidak terlepas dari keuntungan-keuntungan yang ditawarkan, antara lain : biaya pemasaran yang murah dan dapat dijangkau oleh semua kalangan, kecepatan penyebaran informasi bisnis, target market serta jangkauan pasar yang luas, trend penggunaan internet dan belanja online yang mengalami peningkatan setiap tahunnya.
Dari beberapa keuntungan-keuntungan diatas, tidak sedikit dari berbagai kalangan saat ini yang merespon dan memanfaatkan internet untuk tujuan memasarkan produk (barang dan jasa) secara online atau jualan online. Mulai dari pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Perusahaan, Lembaga Pendidikan, hingga para Profesional juga menawarkan jasa keahlian mereka secara online.
Sehingga dari sisi penjual memasarkan produk secara online menimbulkan persoalan baru, yaitu ketatnya persaingan di pasar internet. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya penawaran-penawaran produk yang sejenis maupun berbeda yang menargetkan kata kunci yang sama atau pembeli yang sama.
Coba lakukan searching di google, lalu ketikkan kata kunci “souvenir ulang tahun anak” dengan mengasumsikan anda adalah pembeli (beli online). Dari hasil pencarian tersebut tersedia data sebanyak 2.760.000 web/blog penjual yang menargetkan kata kunci yang sama, sementara google hanya menampilkan 10 web/blog dihalaman awal. Kemudian lakukan klik satu persatu dari hasil pencarian tersebut, maka akan ditemui beberapa produk yang ditawarkan. Hal tersebut juga berlaku untuk pencarian gambar atau penelusuran gambar. Ini merupakan bentuk persaingan di search engine pada google yang menyebabkan web/blog selling anda akan kalah jika tidak dikelola dengan benar dan baik.
"Jualan Online"
Berikut beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengoptimalkan blog selling | blog jualan online anda masuk ke halaman pertama google dan mendapatkan prioritas :
  1. Masukkan kata kunci target di dalam URL/DOMAIN Anda, boleh satu atau dua kata kunci target.
  2. JUDUL BLOG | TITLE mengandung kata kunci target, anda dapat menggunakan Google Suggestion untuk menentukan JUDUL yang Powerfull.
  3. TAGLINE, META DESCRIPTION blog menggunakan keyword/kata kunci pilihan yang berasal dari google insights.
  4. META KEYWORD yang benar sesuai kata kunci target dengan menggunakan google keywordtool.
  5. JUDUL POSTING | PERMALINK mengandung kata kunci target. Dapat dicari dengan suggestion atau ubersearch.
  6. Penggunaan ANCHOR TEXT, CETAK TEBAL, CETAK MIRING yang benar pada halaman posting.
  7. Pemilihan KATEGORI dan TAG/LABEL yang benar dengan google keywordtool.
  8. LINK BUILDING, mulai dari ADD URL, Directory, Link Excange, Submit Rss, Social Bookmark, Social Media, Auto Backlink, Blogwalking, Press Release, Dummy Blog dan seterusnya.
  9. DESAIN BLOG anda sesuai kriteria dan karakter jualan, serta yang lebih penting adalah bangun kepercayaan calon customer anda dalam bertransaksi dengan unsur keterbukaan, identitas anda yang jelas dan profesional dalam pelayanan.
  10. Berikan REFERENSI DATA PENDUKUNG berupa bukti transaksi via online, foto-foto pengiriman barang (bagi yang jualan barang) dan workshop.
Detail mengenai langkah OPTIMASI BLOG SELLING, dapat Anda baca dan pertimbangkan pada Materi Internet For Selling (klik di sini) serta jika anda lakukan langkah-langkah di atas, blog selling anda akan segera teroptimasi, mendapat prioritas di search engine, muncul dihalaman pertama google dan yang lebih penting adalah jualan online anda (jualan online tanpa modal) segera clossing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar