Sabtu, 02 Juni 2012

Layanan DOMAIN GRATIS di Internet Untuk SEO dan BISNIS PENJUALAN

Domain atau URL merupakan bagian pertama yang diindex oleh mesin pencari (search engine), sebaiknya dilakukan optimasi pada domain atau URL untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Optimasi dapat dilakukan dengan menyertakan keyword utama pada nama domain, yang di maksud keyword utama pada nama domain atau URL yaitu keyword yang ditargetkan terkandung pada nama domain yang digunakan.
Dalam bisnis penjualan keyword utama merupakan keyword buyer, mewakili produk tertentu yang di jual dan sekaligus merupakan identitas ataupun merek dagang. Anda dapat menggunakan google sugestion, google keywordtool eksternal, google insight untuk menentukan keyword buyer. Sebagai contoh adalah :
“Sepatu sepakbola”
Sepatu sepakbola pada contoh ini terdapat minimal dua kata kunci utama dalam nama domain, yaitu “sepatu” dan “sepakbola”. Anda dapat menggunakan salah satunya atau akan lebih baik lagi jika anda menggunakan kedua kata kunci/keyword utama tersebut. Sebagai contoh anda dapat menggunakan :
http://sepatusepakbola.wordpress.com
http://tokosepatusepakbola.wordpress.com
http://pesansepatusepakbola.wordpress.com
http://sepatusepakbolaonline.wordpress.com
http://grosirsepatusepakbola.wordpress.com
Bagi pebisnis online pemula sebaiknya manfaatkanlah pelayanan domain gratis (blogspot, wordpress, blogdetik, dagdigdug, blogs, weebly, multiplay) terlebih dahulu untuk kepentingan pembuatan nama domain bisnis anda, alasannya adalah gratis tidak perlu keluar biaya, tahap belajar dan domain tersebut lebih mudah diindex oleh google untuk versi domain gratisan. Selain dari domain dari unsur mesin blog diatas anda dapat menggunakan layanan domain gratis seperti : www.co.cc, www.dot.tk dan lain sebagainya.
Sebagai bahan pertimbangan serta referensi, berikut beberapa portal yang menyediakan layanan domain gratis di internet sebagai alternetif pemiilihan domain selain blogspot, wordpress, blogdetik, dagdigdug, blogs, weebly dan multiplay menurut Rahmat Hidayat (CARA PRAKTIS MEMBANGUN WEBSITE GRATIS, 2010, hal : 24) adalah sebagai berikut (www.co.cc, www.co.nr, www.dot.tk, www.unonic.com, www.smartdots.com) :
1. Domain CO.CC
Domain co.cc bisa diakses melalui portal www.co.cc. Dot cc (.cc) merupakan ccTLD dari negara kepulauan cocos (keeling). Dari portal tersebut dapat didapatkan nama domain sesuai dengan keinginan dengan format www.namadomain.co.cc. silahkan cari nama yang gratis (Free), nama-nama yang bernilai bisnis biasanya tidak tersedia gratis atau dengan kata lain harus merogoh kocek untuk mendapatkannya. Untuk saat ini domain co.cc yang paling mudah didapatkan dan konfigurasi domainnya pun mudah untuk dipahami.
2. Domain CO.NR
Domain co.nr bisa diakses melalui portal www.co.nr. Dot nr (.nr) merupakan ccTLD dari negara kepulauan Nauru. Domain co.nr hamper sama dengan domain co.cc, kita harus menacari nama domain yang gratis yang akan dijadikan nama domain nantinya dengan format www.namadomain.co.nr.
3. Domain .TK
Domain .TK bisa diakses melalui portal www.dot.tk. Dot TK (.tk) merupakan ccTLD dari negara kepulauan cocos Tokelau. Format domainnya adalah www.namadomain.tk.
4. Domain .TF
Domain .TF (.tf) bisa diakses melalui portal www.unonic.com. Dot TF (.tf) merupakan ccTLD dari wilayah teritori bagian selatan Perancis. Ada beberapa pilihan dari .tf yang bisa didapatkan diantaranya adalah net.tf, eu.tf, us.tf, int.tf, ca.tf, de.tf, at.tf, ch.tf, edu.tf, ru.tf, pl.tf, cz.tf, bg.tf dan sg.tf. format domainnya adalah www.namadomain.net.tf.
5. Domain .TC
Domain .TC (.tc) bisa diakses melalui portal www.smartdots.com. Dot TC (.tc) merupakan ccTLD dari negara kepulauan Turks dan Caicos. Ada beberapa pilihan dari .tc yang bisa didapatkan diantaranya adalah net.tc, eu.tc, pro.tc, de.tc, at.tc, es.tc, ru.tc, se.tc, dk.tc, be.tc, int.tc, pl.tc, bg.tc, cz.tc, mx.tc, br.tc, hk.tc, kr.tc, th.tc dan ph.tc. Format domainnya adalah www.namadomain.net.tf.
Demikian 5 alternatif pilihan domain gratis di internet selain blogspot, wordpress, blogdetik, dagdigdug, blogs, weebly dan multiplay yang dapat anda gunakan, sebagai saran sebaiknya gunakan dahulu domain yang ada di blogspot.com dan wordpress.com, jika domain yang digunakan telah dipergunakan oleh orang lain maka anda dapat gunakan salah satu dari yang lima tadi sebagai domain anda dengan keyword utama yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar